Tips penting bagi berawatan behel gigi

 

 

Sesaat setelah behel di pasang, maka rasa tidak nyaman pada gigi dan rongga mulut akan dirasakan pasien selama kurang lebih 2-5 hari.  Bagaimana mengatasinya? Berikut tips bagaimana agar pasien lebih siap menjalani perawatan dan tetap nyaman dengan aktivitas sehari-hari.

 

Berikut kiat tetap nyaman saat Perawatan Behel Gigi:

 

  • Perbanyak minum air putih dan banyak berkumur setelah makan atau snack agar kondisi rongga mulut senantiasa segar dan sisa-sisa makanan yang tertinggal agar lebih sedikit.
  • Menyantap makanan yang lunak-lunak terlebih dahulu seperti kue basah, makanan berkuah yang hangat, sereal, bubur, jus buah, puding, susu, salat buah dan minuman hangat selama 1-2 hari saja, selanjutnya mulailah mengunyah yang lebih kasar seperti nasi dan lauk pauknya.
  • Sesaat setelah behel dipasang disarankan menggunakan lib gloss atau madu untuk dioleskan di bibir. Pemakain ini disarankan diulang 1-3 kali dalam sehari selama 3 (tiga) hari.
  • Pakailah wax (malam khusus) dengan cara menghadap ke cermin lalu ambil secukupnya wax, tempelkan dengan cara ditekan tekan dan dirapikan di atas permukaan behel/kawat yang dirasa menonjol dan lebih menggesek pipi dalam.
  • Rajin untuk sikat gigi dengan baik dan benar agar rongga mulut bersih, sehat dan selalu terasa segar. Bagi yang beragama Muslim, Sebaiknya menyikat gigi dilakukan sebagaimana banyaknya waktu sholat jadi 5 kali dalam sehari, yaitu bangun tidur sebelum makan minum atau sebelum sholat subuh, lalu saat mandi pagi, saat setelah makan siang, saat mandi sore hari dan saat sebelum tidur. 
  • Dianjurkan memiliki sikat gigi khusus untuk braket atau sikat gigi yang dirasa cocok dengan jumlah lebih dari 1. Tujuannya agar ada bila diperlukan, misalnya di kemas dalam tas plastik kecil dan diisi dengan pasta gigi kecil dan sikat gigi lalu disimpan di tas kerja atau tas sekolah. 
  • Apabila memerlukan tusuk gigi sebaiknya dilakukan dengan tusuk gigi yang bersih & hygienis, cukup kecil tidak menggembung besar, bila dirasa tusuk gigi yang tersedia besar maka diupayakan dibelah dahulu. Dapat pula membeli tusuk gigi kemasan dengan dental flos yang lebih cocok bentuk dan ukurannya. 

 

Demikian Tips singkat agar dalam perawatan behel gigi kita merasa senang dan nyaman. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

 

Salam hormat,

 

dokterkawatgigi.com

dokterbehel.com

 

Ortodontis, Praktek di Kota Surabaya


 

Kata kunci untuk memudahkan penelusuran: behel gigi, behel, dokter kawat gigi, ortodonti, dokter spesialis kawat gigi, pasang behel gigi, surabaya

 

MENGENAL TANDA -TANDA MASALAH GIGI

 

 

Ingin mengenal tanda-tanda kelainan gigi?

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk menilai keadaan gigi diri sendiri dan keluarga kita di rumah. Kita akan mengetahui dengan cara mengamati & merasakan, serta menanyakan apakah terdapat tanda-tanda seperti indikator dibawah ini:

 

  • ·       Bengkak di pipi dengan didahului rasa sakit gigi sebelumya
  • ·       Gigi yang tinggal sisa akarnya
  • ·       Gusi mudah berdarah (Gingivitis, Periodontitis)
  • ·       Terasa asin saat menghisap gigi
  • ·       Mudah selilit di sela gigi
  • ·       Kerak gigi atau karang gigi atau stain
  • ·       Kelebihan jumlah gigi yang senama (Supernumery)
  • ·       Susunan gigi anak-anak, remaja atau dewasa tidak rapi (Maloklusi)
  • ·       Gigi yang ukuran dan bentuknya lebih kecil atau lebih besar
  • ·       Gigi berubah warna menjadi kecoklatan atau ke abu-abu an
  • ·       Gigi goyang
  • ·       Bayi diatas 8 bulan yang belum tumbuh gigi
  • ·       Gigi kesundulan (Persistensi)
  • ·       Bercak putih atau kuning di gigi (White Spot)
  • ·       Lubang gigi (Karies)
  • ·       Benjolan kecil di gusi yang bersifat kambuhan (Fistel)
  • ·       Sariawan di rongga mulut, lidah atau disudut bibir 
  • ·       Adanya benjolan atau sariawan di rahang atau gusi yang menahun
  • ·       Ada bunyi di rahang saat mengunyah atau saat menguap(Cliking)
  • ·       Terdengar suara mengerat saat tidur (Brusisme)
  • ·       Kelainan celah bibir/sumbing atau kelainan celah langit-langit rahang atas
  • ·       Akibat trauma fisik yang menyebabkan gigi goyang, patah /tanggal.
  • ·       Rasa sakit atau tidak nyaman saat mengigit atau mengunyah makanan
  • ·       Gigi mudah terasa linu
  • ·       Holitosis atau bau mulut
  • ·       Bayi yang baru lahir tapi sudah mempunyai gigi
  • ·       Ada benjolan, didalam gigi yang berlubang besar (Polip)

Tanda-tanda indikator diatas diharapkan dapat membantu mengingatkan agar segera dapat melakukan tindakan perawatan. Tindakan perawatan yang benar adalah dengan mendatangi dokter gigi serta menyampaikan semua keluhan, termasuk riwayat perawatan yang pernah dilakukan, riwayat alergi termasuk riwayat penyakit-penyakit lain yang pernah dialami.

 

Saat ini telah banyak dokter gigi dengan berbagai bidang spesialisasinya, misalnya spesialis bedah mulut, spesialis merapikan gigi, spesialis gigi tiruan, spesialis konservasi gigi, spesialis periodonsia, dan spesialis konservasi gigi anak. Adanya berbagai bidang spesialis ini memudahkan pasien untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Bagaimana dengan biaya perawatan? Biaya perawatan memang sangat bervariasi, tentu bisa dipahami mengapa cenderung terasa lebih mahal. Terasa lebih mahal, karena setiap kunjungan ke dokter gigi selalu diikuti dengan tindakan perawatan, jadi bukan hanya pemeriksaan gigi saja. Biaya perawatan gigi biasanya meliputi pemakaian peralatan, biaya bahan, biaya laboratorium gigi (bila ada) dan biaya jasa perawatan.  

 

Demikian informasi singkat ini disampaikan, semoga bermanfaat.

 

Hormat kami,

 

dokterkawatgigi.com

 

Ortodontis, Praktek di Surabaya

 


 

Kata kunci untuk penelusuran: behel gigi, dokter kawat gigi, pasang behel gigi, ortodonti, dokter gigi spesialis, klinik ortodonti, surabaya 

 

 

 

 

Mengenal Jenis-Jenis Klinik Gigi

 

 

 

Mengenal Jenis-Jenis Klinik Gigi

 

 

Apa kabar adik-adik semua? Semoga semua senantiasa sehat walafiat selalu…Semangat!

Kali ini kami dari tim dokterkawatgigi.com akan menguraikan sedikit informasi tentang berbagai jenis klinik gigi yang ada di berbagai wilayah perkotaan. Baik, kita mulai dengan klinik gigi orthodonti:

 

Mengenal Klinik Gigi Orthodonti

 

Klinik gigi orthodonti membantu menangani pasien dengan masalah perkembangan, pertumbuhan,  rahang dan gigi, variasi wajah dan abnormalities dari hubungan gigi dan wajah serta perawatan perbaikannya. Secara umum ada dua jenis alat orthodonti yang cukup dikenal masyarakat yaitu bracket atau behel, yaitu alat orthodonti lepasan dan yang cekat.  Kedua alat ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Alat orthodonti lepasan umumnya digunakan pada anak-anak dengan kasus mudah, sedangkan alat orthodonti cekat sering digunakan untuk pasien dewasa atau anak-anak dengan kasus-kasus yang lebih sulit.

 

Mengenal Klinik Gigi Periodonti

 

Klinik gigi Periodonti utamanya membantu menangani pasien dengan perawatan jaringan penyangga gigi, termasuk diantaranya tulang rahang, gusi dan lain-lain.  Contoh apabila gusi terlihat gelap dan mudah berdarah, ini merupakan indikasi ada penyakit pada gusi tersebut. Hal yang ditangani, diantaranya mulai dari pembersihan karang gigi (skalling) sampai kuret, operasi Flap, dilakukan di klinik gigi Periodonti.

 

Mengenal Klinik Gigi Prosthodonti

 

Klinik gigi Prosthodonti  menangani kasus-kasus seperti penggantian satu atau beberapa gigi geligi asli dan jaringan yang hilang dengan gigi tiruan yang sesuai. Secara garis besar gigi tiruan dibagi menjadi dua bagian, yakni Gigi Tiruan Lepasan dan Gigi Tiruan Cekat. Terkait teknologi yang semakin canggih, saat ini sudah mulai dilakukan perawatan penggantian gigi asli dengan teknik Implant.

 

Mengenal Klinik Gigi Bedah Mulut

 

Klinik gigi Bedah Mulut menangani berbagai kasus yang membutuhkan tindakan bedah, termasuk disini tindakan cabut gigi  atau ekstraksi sehingga di dalam bagian klinik ini ada yang disebut bagian eksodonsi. Ruang lingkup klinik  ini mulai dari cabut gigi sampai operasi gigi dan mulut.

 

Mengenal Klinik Gigi Pedodonti

 

Klinik gigi Pedodonti menangani berbagai masalah yang terkait pertumbuhan dan perkembangan pada gigi dan mulut pasien anak. Mengapa perlu ada klinik gigi khusus seperti ini? Karena pasien anak-anak memiliki jenis gigi yang berbeda dengan gigi para orang dewasa. Pasien anak masih memiliki gigi susu sedangkan pasien dewasa memiliki gigi tetap. Selain hal diatas pada anak-anak  berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan perhatian khusus, sehingga perlu ada teknik dan pendekatan khusus agar anak-anak merasa nyaman ketika dirawat dokter gigi.

 

 

Mengenal Klinik Gigi Konservasi

 

Klinik gigi Konservasi menangani kasus-kasus terkait perawatan restorasi gigi misalnya pembuatan mahkota buatan, tambalan gigi dan lain-lain. Didalamnya terdapat bagian Endodontik yang menangani perawatan saluran akar gigi. Segala daya upaya dilakukan untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut, salah satu pendekatannya dengan membuatkan restorasi pada tiap-tiap gigi yang membutuhkan penanganan.

 

Demikian sekilas informasi tentang jenis-jenis klinik gigi, semoga bermanfaat.

 

Salam hormat,

 

admin,

 

dokterkawatgigi.com

 


 

Ingin konsultasi tentang perawatan behel gigi?
Jangan ragu kunjungi kontak:  (Klik disini)

 

Where great smiles begin!


 Kata kunci untuk penelusuran: jenis jenis klinik gigi, alamat orthodontist di surabaya, dokter gigi ortodonti surabaya, klinik ortodonti surabaya, biaya perawatan ortodonti surabaya, harga pasang behel di dokter gigi surabaya, pasang behel gigi surabaya, pasang bracket gigi surabaya dokter gigi lila muntadir

Tahapan Perawatan Kawat Gigi

 

 

Tahapan Perawatan Kawat Gigi

 

Halo adik-adik semua, apa kabar?

 

Pada kesempatan kali ini, akan diuraikan sekilas tentang prosedur pemasangan behel gigi.

Adik-adik, tentu saja setiap orang mendambakan memiliki susunan gigi yang indah rapi menawan. Gigi geligi yang kurang rapi dapat membuat wajah kita menjadi kurang menarik. Gigi geligi yang tidak rapi ternyata juga berpotensi menyimpan berbagai masalah kesehatan mulut. Agar gigi menjadi tertata rapi, memasang behel  merupakan salah satu solusi bagi adik-adik.

Berikut tahapan atau prosedur dalam proses pemasangan kawat gigi/behel gigi.

 

Berkunjung & berkonsultasi pada dokter gigi ortodontis.

 

Sebelum memasang behel gigi, Adik-adik perlu berkonsultasi pada dokter gigi. Dokter gigi ortodontis akan melakukan pemeriksaan fisik dan meminta Adik-adik untuk melakukan pemeriksaan foto sinar X untuk melihat kondisi gigi geligi yang tidak terlihat dari luar. Dari hasil pemeriksaan foto gigi, dokter gigi akan memberi masukan apakah adik-adik perlu melakukan perawatan behel gigi. Dokter gigi ortodontis akan menyarankan pilihan terapi yang tepat dan perkiraan jangka waktu terapi akan dilakukan. Setelah ada kesepakatan perawatan dan besaran biayanya, baru dibuatkan janji pertemuan untuk pemasangan behel gigi.

 

Tahapan pemasangan behel gigi.

 

Sebelum kawat/behel gigi dipasang, mula-mula permukaan gigi akan dibersihkan, dihaluskan dan dikeringkan.  Selanjutnya sejenis lem akan dipasang pada permukaan dan kawat gigi akan dipersiapkan. Pada kawat gigi terdapat bracket yang berfungsi sebagai ‘jangkar’. Pada bracket juga akan dipasang lem, lalu dilekatkan pada gigi pada tempat yang telah ditentukan. Lem tersebut akan disinari dengan cahaya agar lem menjadi keras dan kawat gigi tidak mudah lepas.

 

Selama proses pemakaian behel.

 

Setelah behel gigi dipasang, tentu saja adik-adik akan merasa tidak nyaman di rongga mulut, mengapa?  Sebab kawat gigi akan bekerja menarik gigi dan akan menimbulkan rasa nyeri terutama 4-6 jam setelah proses perawatan. Rasa nyeri akan berlangsung terus hingga 3-5 hari dan kemudian secara pertahap mulai berkurang. Apabila diperlukan, dokter gigi dapat memberikan obat nyeri untuk mengurangi rasa nyeri. Pada masa ini adik-adik dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak-lunak.

 

Pentingnya kontrol rutin.

 

Kunjungan ke dokter atau kontrol rutin perlu dilakukan bagi adik-adik yang memasang behel/kawat gigi. Seiring dengan berjalannya waktu, behel atau kawat gigi akan longgar sehingga tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengubah posisi gigi. Oleh sebab itu, adik-adik dianjurkan kontrol rutin untuk melihat progres perkembangan gigi dan untuk mengencangkan kembali kawat gigi adik-adik. Jadwal kontrol gigi berkisar 3-10 minggu tergantung jenis kawat gigi yang dipakai.

 

Proses pelepasan kawat gigi.

 

Setelah gigi menjadi rapi dan dokter menyatakan perawatan kawat gigi selesai, maka kawat gigi akan dilepas. Lem yang telah keras akan dilepas dengan hati-hati. Sisa lem yang masih melekat akan dibersihkan.

 

Pentingnya perawatan setelah pelepasan behel.

 

Setelah selesai perawatan kawat gigi, Adik-adik masih diharuskan untuk menggunakan alat yang disebut sebagai ‘retainer’. Alat retainer ini berfungsi mencegah gigi yang sudah tertata baik kembali ke posisi semula. Dokter ortodontis akan menyarankan berapa lama masa pemakaian alat retainer tersebut.

 

Demikian sekilas informasi tentang tahapan pemasangan behel gigi. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat. Semangat!

 

admin,

 

dokterkawatgigi.com

 


 

Ingin konsultasi tentang perawatan behel gigi?
Jangan ragu kunjungi kontak:  (Klik disini)

 

Where great smiles begin!


 Kata kunci untuk penelusuran: jenis behel gigi, behel gigi transparan, behel gigi terbaru, behel gigi damon, biaya pasang behel, harga pasang behel di dokter gigi, biaya ortodonti, daftar harga behel gigi, pemasangan behel gigi di surabaya, dokter gigi lila muntadir

About Me

 


 

Lila Muntadir, drg., Sp.Ort.
Spesialis Merapikan Gigi (Orthodontist)

 


 



Para pengunjung yang berbahagia,
Selamat datang di website kami.

Senyum indah itu ditentukan oleh kerapian gigi dan harmonisasi muka, rasanya tidak berlebihan kalau kami mengungkapkan hal itu kepada Anda di sini.
 
 

Hubungi : 

Lila Muntadir, drg., Sp.Ort.
Spesialis Merapikan Gigi (Orthodontist)
 

Alamat : Pondok Citra Eksekutif F-8 Penjaringan Sari, Rungkut, Surabaya  

  
HP /SMS / WA : 08121752022       

  
E-mail : lilamuntadir@gmail.com    

 
Website : dokterkawatgigi.com & dokterbehel.com

 

 

Jadwal Praktek:

  • Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khodijah  Jl. Pahlawan 260 Sepanjang, Sidoarjo
  • Rumah Sakit Al Irsyad  Jl. KH. Mas Mansyur 210-214 Surabaya 
  • Rumah Sakit Ibu dan Anak Kendangsari MERR Jl. Ir. H. Soekarno no. 2 Surabaya
  • Klinik di Rumah. Pondok Citra Eksekutif F-8 Penjaringan Sari, Rungkut, Surabaya (Belakang Kantor Kelurahan Penjaringan Sari)
  • (Khusus Klinik di Rumah, free biaya konsultasi dan pemeriksaan)

One smile at a time!


 

 

 

 

Copyright © 2014. All Rights Reserved.